Sabtu, 21 April 2012

Rukun Islam

Bab I. RUKUN ISLAM

Arkaanul Islaami Khomsatun :
  1. Syahaadatu An Laa Ilaaha Illallaahu Wa Annna Muhammadan Rosuulullaahi ,
  2. Wa Iqoomushsholaati ,
  3. Wa Iitaauzzakaati ,
  4. Wa Shoumu Romadhoona,
  5. Wa Hijjul Baiti Man Istathoo’a Ilaihi Sabiilan .
Rukun-rukun Islam yaitu 5 :
  1. Bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad utusan Allah ,
  2. dan Mendirikan Sholat ,
  3. dan Memberikan Zakat ,
  4. dan Puasa Bulan Romadhon ,
  5. dan Pergi Haji bagi yg mampu melaksanakannya


@@@  KAJIAN :

Sebagai seorang Muslim kita harus mengetahui bahwasannya “ BUNIYAL ISLAM ‘ALA KHOMSIN “,
Maksudnya : tegak/kokohnya bangunan islam itu dengan memenuhi lima perkara diatas yg sudah termaktub sbg Rukun Islam.

Artinya setelah kita mengucapkan dua kalimah Syahadat, ke Islaman seseorang akan semakin kuat dan mantab apabila telah mampu dengan sadar dan Istiqomah dalam menjalankan : sholat; tahu dan ihlas ber zakat bg yg telah wajib untuk berzakat; puasa di bulan suci romadlon dan kemudian di sempurnakan dg Berhaji bg yg telah mampu menjalankannya.

Sholat 5 waktu merupakan pilar utama dlm kita ber Islam,karenanya harus benar2 kita jaga, jangan sampai kita meng- enteng kannya, ibarat bangunan rumah Sholat ini adalah tiang2 utamanya, apabila salah satu tiang ini rusak/roboh;maka apakah kita akan melihat rumah itu tetap tampak kokoh dan kuat; amankah untuk kita berlindung; ketika ada hujan;badai;gempa bumi;banjir:dan atau bencana2 alam yang lain.

Begitu halnya apabila Sholat kita tidak terjaga dengan baik, akan sangat rentan dari bahaya-bahaya yang merongrong keimanan, Syahdan tiada musibah yang paling besar selain daripada terlepasnya Iman dari dalam dada seseorang.. (na ‘udzubillahi min dzalik )
( Tentang sholat selanjutnya akan di bahas pada bab tersendiri,Insya Allah)

Selain dari pada Sholat sbg bentuk hubungan ruhani kita kepada Allah SWT ( Hablum minallah ), kita juga harus menjaga hubungan baik kita terhadap sesame manusia ( Hablum minannas ), yang merupakan ibadah sosial sebagai inti dari adanya perintah untuk berzakat dan puasa.

Di dalam zakat dan puasa Allah mengingatkan kita bahwasannya untuk menjadi manusia pilihan yang berhak atas anugrah Allah SWT berupa keni’matan Syurgawi, kita harus menjaga keharmonisan hubungan kita terhadap sesame manusia;punya rasa empaty yang tinggi; berhati halus dan lembut, berbudi pekerti luhur, bertutur kata yg sopan serta santun dan mendamaikan siapapun yang mendengarnya. Rela menolong dan tabah ,serta baik hati dan tidak sombong. hehehe.. jd ingat dasa dharma pramuka  hehehe…
(Insya Allah lebih jauh tentang Zakat dan puasa aka nada pembahasan pada bab tersendiri)

Selanjutnya sekilas tentang ibadah haji, di dalam nya kita di ajarkan tentang qodlo dan qodar; usaha;perjuangan dan doa dan jangan terlupa bahwasannya kelak manusia akan memenuhi panggilan Ilahi, menghadapnya; mempertanggung jawabkan amal perbuatannya.. dan paripurnanya jalan untuk menjadi manusia yang sempurna ialah rasa pasrah dan total menyerahkan jiwa raga kita kepada Allah SWT…

Dalam haji kita hanya mengenakan pakaian ihrom saja.., hanya lembaran kain putih yang kita bawa sebagai pakain kita menghadapnya kelak apabila hari perjanjian kontrak hidup kita di dunia telah berahir..!!!

Ihwan & Ahwat yang di muliakan Allah adakah kita masih menutup hati kita dari kebenaran hakiki ini…

“’BANGUNLAH DAN BANGKITALAH DARI MIMPI YANG MELENAKANMU TERHADAP HARI DIMANA KITA MENGHADAP ILAHI..”

 Sebagai penutup kita kutip Nasehat beliau AlHabib Syech bin Abdul Qodi Assegaf;Solo :
“ Seorang muslim yang sejati ialah yang senantiasa dapat memancarkan Aura dan Energi keberkahan dan keselamatan bagu siapapun yang ada di sekitarnya; terlepas dari apakah mereka itu beriman/kafir;baik/buruk;bahkan apakah mereka itu hewan/tumbuhan; kita harus tetap ber Ahlaqul karimah
( wallahu ya’lam bish-showab..)

Ila liqo’…..
Wal ‘afu min kum tsummassalamu ‘alaikum Wr.wb…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar