Sabtu, 21 April 2012

Mengenal kitab Sainatun-Najah

Kajian Safinah An-Najah ( hr:01 )
Karangan Syaikh Salim Bin Samir
Hadlromi:Yaman ( Madzhab Syafi’i )

PEMBUKAAN
( silahkan yg punya kitab Matannya di buka, agra lebih meyakinkan sekaligus sbg koerksi apabila ada penulisan Lafadl yg keliru )

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Alhamdulillaahi Robbil ‘Aalamin .
Wabihii Nasta’iinu ‘Alaa Umuuriddunyaa Waddiini .
Washollallaahu ‘Alaa Sayyidinaa Muhammadin Khootaminnabiyyiina
Wa Aalihii Washohbihii Ajma’iina .
Walaa Hawla Walaa Quwwata Illaa Billaahil’aliyyil ‘Azhiim .

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Maha Penyayang .
Segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam .
Dan dengannya kami mohon pertolongan atas segala urusan dunia dan agama .
Dan Allah bersholawat atas junjungan kita Muhammad penutup para Nabi
dan atas keluarganya dan sahabatnya semua .
Dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah
Yang Maha Tinggi lagi Yang Maha Agung .

Nb: Mohon maaf apabila ada kata /penulisan huruf yg tdk sesuai dengan EYD..

@@@ KAJIAN :

Mari kita mulai kajian online kita ini dengan bersama-sama membaca "BISMILLAAHIRROHMAANIRRPHIIM" sebagaimana Kitab2 Allah yg di turunkan bg ummat manusia ; baik itu Taurot;Zabur;Injil:Alqur'an dan juga beberapa shukhuf ( lembaran2 suci wahyu Ilahi ) yg semuanya di awali dgn bacaan Basmalah.

Juga dengan Basmalah ini pula kita berdoa agar apa yg kita mulai ini sbg niatan ber Amar ma'ruf Nahi mungkar senantiasa mendapat Ridlo Allah SWT dan dapat menghasilkan beberapa berkah dan manfaat,

Rosullah SAW bersabda :
" KULLU AMRIN DZII BAALIN LAA YUBDA-U FIIHI BISMILLAAHIRROHMAANIRROHIIM, FAHUWA ABTAR wa fii riwaayatin AJDZAM wa fii riwaayatin uhroo AQTHO'

maksudnya:
"Semua perbuatan yang hendak di lakukan (dan tdk bertentangan dengan hukum Islam/bukan sesuatu yg diharamkan/di makruhkan/bukan perkara yg remah/hina) apabila perbuatan tersebut tidak di awali terlebih dahulu dengan membaca "Bismillaahirrohmaanirrohim" maka tidak akan/kurang menghasilkan berkah ( kurang/mboten mberkahi ).
Arti berkah disini ialah : bertambahnya nilai2 kebaikan ( Yazidul Khoir )

(AGAR PEMBAHASAN INI TIDAK TERKESAN BERTELE-TELE,
INSYA ALLAH TENTANG BASMALAH AKAN DI BAHAS PADA BAB TERSENDIRI .)

Selanjutnya mari kita panjatkan Puji syukur kepada Allah SWT atas limpahan berkah;taufiq;hidayah maupun inayah-Nya kpd kita sekalian, sehingga meskipun di tengah2 kesibukan kita ber aktifitas, kita di beri anugrah dan kesempatan termasuk orang2 yg dapat mengikuti Kajian ringkas ini demi mengharap tambahan pemahaman Ilmu agama yg semoga dapat bermanfaat dan Istiqomah di dalam mengamalkannya.Amin..

Sholawat dan salam kita haturkan kpd beliau seorang hamba pilihan Allah, pembawa risalah keselamatan dan kebahagiaan hakiki fiid-dun-ya wal ahiroh: Rosulullah Muhammad SAW, Semoga kita termasuk orang2 yang di mudahkan dalam mengikuti Sunnah2 beliau wa Sunnati ash-habih..
Amin ya Robbal 'alamin..!!!

Ihwan & Ahwat; Shohib Online yang di rohmati Allah..!
Kitab Safinah ini memiliki nama lengkap "Safinatun Najah Fiima Yajibu `ala Abdi Ii Maulah" (perahu keselamatan di dalam mempelajari kewajiban seorang hamba kepada Tu¬hannya).

Kitab ini walaupun kecil bentuknya akan tetapi sa¬ngatlah besar manfaatnya.
Di setiap kampung, kota dan negara hampir semua orang mempelajari dan bahkan menghafalkan¬nya, baik secara individu maupun kolektif.
Di berbagai negara, kitab ini dapat diperoleh dengan mudah di berbagai lembaga pendidikan. Karena baik para santri maupun para ulama sangatlah gemar mempelajarinya dengan teliti dan seksama.Hal ini terjadi karena : Kitab ini mencakup pokok-pokok agama secara ter¬padu, lengkap dan utuh, dimulai dengan bab dasar¬dasar syari'at, kemudian bab bersuci, bab shalat, bab zakat, bab puasa dan bab haji yang ditambahkan oleh para ulama lainnya.

Kitab ini disajikan dengan bahasa yang mudah, susunan yang ringan dan redaksi yang gampang untuk dipahami serta dihafal. Seseorang yang serius dan memiliki ke¬mauan tinggi akan mampu menghafalkan seluruh isinya hanya dalam masa dua atau tiga bulan atau mungkin lebih cepat.Insya Allah..

Adapun untuk pembahasan/ Kajian Bab2 nya, Insya Allah semoga kita terus dpt mengupdate hingga hatam dan paripurna... di hari2 yang akan datang. Amin..!!!

cukup sekian kajian kita hari ini..
Subhanakallahumma wa bihamdika
asy-hadu anla ilaaha illa Anta astaghfiruka wa atubu ilaih...
Ilal-liqo'... Bittaufiqillahi wal hidayah; war-ridlo wal 'inayah; wal 'afwu min kum
tsummas-salamu 'alaikum wr.wb...!!!

 NB: ikitu kajian Online bersama di
http://www.facebook.com/groups/363959273641676/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar